Pijat dan Aromaterapi

Sejarah dan Filosofi Pijat Tradisional
September 11, 2017
Diantara Manfaat Pemijatan
Februari 9, 2018
Show all

Pijat dan Aromaterapi

Pijat dan Aromaterapi

Aromaterapi adalah sebuah istilah yang mengacu pada penggunaan volatile oil hasil ekstrak dari tanaman sebagai salah satu bentuk terapi. Cara penggunaan aromaterapi adalah dengan melalui inhalasi atau penggunaan topikal setelah diencerkan dalam carrier oil.

Cara kerja aromaterapi adalah dengan menstimulus otak (apabila di inhalasi) sehingga menimbulkan efek emosi tertentu. Biasanya efek yang dicari adalah menenangkan, menyemangati, dan merilekskan. Sedangkan untuk penggunaan topikal minyak atsiri memiliki banyak manfaat farmakologis seperti melancarkan peredaran darah, menghangatkan, anti-inflamasi, anti-konvulsan, dll.

Aromaterapi belum dianggap sebagai bentuk pengobatan konvensional dan termasuk dalam bentuk pengobatan alternatif yang sifatnya promotif dan komplementer. Justru karena belum termasuk dalam pengobatan konvensional masyarakat, terutama di luar negeri, cenderung menyukainya sebagai terapi yang terjangkau dan bersifat preventif sehingga mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dibanding mereka terlanjur sakit dan harus mengeluarkan biaya besar untuk pengobatan konvensional.

Pijat adalah terapi lain yang diminati masyarakat dengan alasan yang sama. Pijat telah terkenal di seluruh dunia sebagai bentuk pengobatan dengan sentuhan, baik itu dengan menekan, mengurut, dan sebagainya. Pijat populer di masyarakat selain karena manfaatnya bagi tubuh, tetapi juga karena sentuhan tangan dianggap memiliki energi penyembuh dan dapat menimbulkan perasaan nyaman. Kepopuleran pijat dapat kita lihat dari maraknya tempat-tempat pijat dan sarana lain seperti salon, spa, dan pemandian air panas yang memasukkan pijat sebagai pelengkap dalam servis-nya.

Pijat dan Aromaterapi memiliki tujuan yang relatif sama yaitu meningkatkan kesehatan, menyamankan, merilekskan, membuat semangat, dll. Karena itu kedua terapi ini seringkali dikombinasikan untuk meningkatkan efektifitasnya. Meskipun belum diakui sebagai pengobatan yang evidence-based, aromaterapi massage adalah jenis pengobatan yang populer dan umum di masyarakat, bahkan paten-paten dan produk yang berkaitan dengan pijat dan aromaterapi atau gabungan keduanya telah beredar di masyarakat dan terbukti membawa efek positif sesuai tujuan penggunaannya. (Aromaterapi dan Pijat, Wina Sundari Program Magister Herbal Fakultas Farmasi Universitas Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *